Buah-buahan Super Untuk Dikonsumsi

Mengonsumsi buah-buahan dan sayuran adalah bagian dari Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Setiap anggota keluarga disarankan makan 3 porsi buah dan 2 porsi sayuran atau sebaliknya setiap hari untuk memenuhi asupan gizi dan melancarkan pencernaan.

Dari sekian banyak jenis buah-buahan, beberapa diantaranya diyakini memiliki khasiat super, lebih dari yang lainnya. Apa saja buah-buahan itu? Kita simak satu per satu, barangkali ada diantaranya yang menjadi favorit Anda selama ini.

 
DELIMA

Buah ini sangat baik dikonsumsi kaum pria, terutama yang mengalami disfungsi ereksi. Ini adalah Viagra alami bagi tubuh, jika dikonsumsi secara rutin. Hasil penelitian menunjukkan biji dan jus delima mengandung agen-agen antioksi dan yang sangat kuat yang dapat membantu mengembalikan kerusakan oksidatif dalam sistem pembuluh darah. Sistem ini punya peranan besar dalam kemampuan tubuh pria untuk ereksi.

APEL

Satu buah apel berukuran sedang memenuhi 17 persen kebutuhan serat harian Anda. Ini sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan usus besar dan menjaga tingkat gula darah. Apel juga sumber yang baik untuk vitamin C. Selain itu, apel mengandung quercetin, yang mengandung antihistamin dan antialergi.


ANGGUR

Penelitian menunjukkan mengonsumsi karbohidrat tinggi glikemik setelah berolahraga menyebabkan tubuh menghasilkan jumlah glikogen yang lebih besar – karena mengisi yang telah habis selama aktivitas itu – dari pada ketika mengkonsumsi karbohidrat yang lebih rendah indeks glikemik (GI)-nya. Anggur adalah buah yang sangat tinggi glikemik, sehingga cocok dimakan pasca berolahraga. Anggur juga sarat vitamin A, C, dan B6, serta folat, di samping beberapa mineral penting.


LEMON
Asam sitrat pada lemon membantu memecah lemak dan merangsang cairan pencernaan. Menambahkan jus dari setengah potong buah lemon pada segelas air minum setiap pagi membantu berjalannya fungsi hati dan kandung empedu. Minum jus lemon segar juga terbukti mengurangi kelelahan, kecemasan, dan kegelisahan, serta meningkatkan konsentrasi dan kewaspadaan.


PEPAYA

Papain, enzim dalam pepaya, terbukti mampu mengurangi gas yang timbul dari gangguan pencernaan. Enzim lain, chymopapain, telah lama digunakan untuk meredakan peradangan. Satu cangkir pepaya matang dan segar, kalorinya hanya 60, namun memenuhi 144 persen kebutuhan harian tubuh akan vitamin C. Pilih buah papaya yang tepat, yakni yang berwarna kuning dan tidak terlalu keras ketika ditekan.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Buah-buahan Super Untuk Dikonsumsi"

Posting Komentar

Entri Populer